Kamis, 14 Juli 2011

2.3.1 Bagan Terstruktur

2.3.1 Bagan Terstruktur

Bagan terstruktur (structured chart) mirip dengan bagan berjenjang (hierarchy chart), yaitu juga dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mengilustrasikan organisasi dari sistem informasi secara berjenjang dalam bentuk modul dan sub modul. Bagan terstruktur dapat memberikan penjelasan yang lengkap dari sistem dipandang dari elemen data, elemen kontrol, modul dan hubungan antar modulnya.

Simbol-simbol dasar yang digunakan adalah sebagai berikut:

Module

Menunjukkan suatu modul.

Connection

Digunakan untuk menghubungkan suatu modul dengan modul yang lainnya.

Loop

Menunjukkan suatu perulangan di dalam modul.

Decision

Menunjukkan suatu penyeleksian kondisi di dalam modul.

Couple

Menunjukkan suatu elemen data atau elemen kontrol yang dikirimkan dari satu modul ke modul yang lainnya. Panah dengan lingkaran kosong menunjukkan data yang dikirimkan dan panah yang dengan lingkaran diblok menunjukkan elemen kontrol yang dikirimkan.

2.4 Metode Pengembangan Sistem

Beberapa Beberapa ahli membagi proses-proses pengembangan sistem ke dalam sejumlah urutan yang berbeda-beda. Tetapi semuanya akan mengacu pada proses-proses standar berikut:

a. Analisis

b. Desain

c. Implementasi

d. Pemeliharaan

Pada perkembangannya, proses-proses standar tadi dituangkan dalam satu metode yang dikenal dengan nama System Development Life Cycle (SDLC) yang merupakan metodologi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan usaha analisis dan desain. SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut:

1. Identifikasi dan seleksi proyek

2. Inisiasi dan perencanaan proyek

3. Analisis

4. Desain

a. Desain Logikal

b. Desain fisikal

5. Implementasi

6. Pemeliharan

2.5 Perancangan Terstruktur

Perancangan terstruktur adalah suatu teknik untuk merancang perangkat lunak atau program. Tujuan perancangan terstruktur adalah memberikan suatu prosedur yang dapat digunakan oleh pengembang sistem untuk membuat suatu keputusan secara sistematis.

Produk yang dihasilkan dari perancangan terstruktur pada dasarnya sama dengan yang dihasilkan pada analisa terstruktur, hanya di tambah dengan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar