Kamis, 14 Juli 2011

2.1.3 Klasifikasi Sistem

Dari berbagai sudut pandangan, sistem dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system).

Sistem alamiah merupakan sistem yang terjadi karena proses alam dan tidak terdapat campur tangan manusia. Sedangkan sistem buatan manusia dirancang dan diciptakan oleh manusia. Contoh dari sistem alamiah adalah sistem rotasi bumi, sistem tata surya, dan lain-lain. Sedangkan sistem buatan manusia misalnya sistem pengendalian banjir, sistem tata kota, dan lain sebagainya.

b. Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system)

Sistem tertutup adalah sistem yang bekerja tidak berhubungan dengan lingkungan luarnya. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang selalu berhubungan dengan lingkungan luarnya untuk melakukan proses dalam mendapatkan output. Secara teoritis, sistem tertutup memang ada tetapi secara kenyataannya tidak pernah ada sistem yang benar-benar tertutup tanpa campur tangan pihak luar.

c. Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tertentu (probabilistic system)

d. Sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik (physical system)

e. Sistem abstrak adalah sistem berupa pemikiran/ ide/ konsep. contoh: sistem agama, sistem adat. Sedangkan sistem fisik adalah sistem yang tampak, dapat dilihat wujudnya. contoh : sistem komputer, sistem akuntansi.

Sistem tertentu adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, contoh : sistem computer. Sedangkan sistem tak tertentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi, contoh : sistem penjualan produk.

1.1 Konsep Dasar Sistem Informasi

2.2.1 Pengertian Informasi

Menurut Gordon B. Davis, informasi adalahData yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang[1].

Sedangkan George R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa “informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna[2]

Jadi, secara umum informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.

Untuk memperoleh informasi yang berguna, tindakan yang pertama adalah mengumpulkan data, kemudian mengolahnya sehingga menjadi informasi. Dari data-data tersebut informasi yang didapatkan lebih terarah dan penting karena telah dilalui berbagai tahap dalam pengolahannya diantaranya yaitu pengumpulan data, data apa yang terkumpul dan menemukan informasi yang diperlukan


[1] Gordon B. Davis, Analisi Perancangan Sistem Informasi Untu Keunggulan Bersaing Perusahaan & Oragnisasi Modern, Andi Yogyakarta, 2007 hal 5-7

[2] http://blog.re.or.id/definisi-informasi-2.htm

1 komentar: